Cara Report Akun Telegram, Begini Caranya

arti-slr-di-rp-telegram

Baru baru ini tampaknya banyak orang mencari tahu bagaimana cara report akun Telegram. Oke langsung saja berikut penjelasannya. 

Aplikasi Telegram adalah aplikasi pengolah pesan yang sangat populer. Bukan hanya karena kegunaannya, belakangan ini Telegram juga banyak dicari karena fiturnya serta permainan Roleplayer di Telegram. 

Telegram sendiri mendukung fitur chatting dan juga group chat. Dengan ini pengguna bisa saling berinteraksi dengan mudah. Namun dengan banyaknya fitur, ada saja orang yang memanfaatkannya untuk hal yang merugikan. Contohnya seperti spam atau bahkan melakukan gangguan sampai penipuan. 

Jika kamu salah satu yang juga terganggu dengan pesan pesan spam. Atau mungkin ada indikasi penyalahgunaan tentu kamu ingin mereport akunnya bukan? Lantas bagaimana caranya? berikut ini adalah cara report akun Telegram. 

Report akun Telegram

Seperti yang telah disebutkan diatas, terdapat beberapa alasan mengapa akun di report. Bisa saja akun tersebut melakukan spam atau bahkan melakukan penyalahgunaan seperti penipuan. 

Kamu bisa menemukan spam seperti ini di banyak tempat. Bisa saja akun tersebut spam ke akun kamu secara langsung. Atau yang seringkali terjadi spam dilakukan di dalam grup seperti grup Roleplayer. 

Biasanya terdapat pesan yang tidak relevan atau tidak nyambung dengan apa yang sedang dibahas. Hal ini tentu sangat mengganggu bukan? Apalagi jika sp tersebut terindikasi menipu. Maka akan sangat meresahkan. 

Nah jika kamu menemukan akun yang spam seperti ini, maka laporkan saja. Berikut adalah panduannya. 

Cara report akun Telegram sebagai spam

Untuk mereport akun ini sebenarnya mudah saja. Fitur report sendiri bisa digunakan dengan mudah di aplikasi Telegram. Kamu bisa ikuti panduan berikut. 

  1. Jalankan aplikasi Telegram di ponsel kamu. 
  2. Cari akun dan chat yang terindikasi spam yang akan di report. 
  3. Kemudian tekan lama pada chat yang akan di report dan pilih delete
  4. Setelah itu pada menu pop up yang muncul, pilih saja laporkan spam
  5. Klik delete sekali lagi dan selesai. 

Nah begitulah cara report chat spam di akun telegram. Lalu untuk melaporkan akun juga bisa dilakukan melalui email Telegram. Berikut tutorialnya.

  1. Buka dan jalankan email di ponsel. 
  2. Setelah itu buatlah pesan baru kepada abuse@telegram.org 
  3. Sebutkan akun yang akan di report dan jelaskan kenapa kamu ingin melaporkan akun tersebut. 
  4. Jika sudah lengkap maka tinggal kirim saja. 

Bagaimana mudah bukan? Apabila telah dikirim, sekarang kamu hanya perlu menunggu pihak Telegram memeriksanya. Jika akun memang melakukan pelanggaran maka akun akan mendapat peringatan, pembatasan atau bahkan terkena banned di Telegram. 

Namun bagaimana jika malah akun kamu yang direport dan terkena banned? Tenang saja, kamu bisa memanfaatkan salah satu fitur bot resmi dari Telegram berama @spambot. Dengan bot ini kamu bisa melakukan release banned yang diterima dari laporan di Telegram. 

Cara menggunakannya sangat mudah, kamu tinggal cari bot tersebut lalu buka chat. Setelah itu masukkan alasan mengapa kamu tidak bersalah pada indikasi pelanggaran. Setelah itu tunggu saja hingga akun kembali normal. Jika memang tidak ada pelanggaran, maka akun akan seperti sedia kala. 

Baca juga cara mengatasi limit OTP Prakerja

Akhir Kata 

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai cara report akun Telegram. Jika masih belum jelas atau pertanyaan lain seputar Telegram bisa tuliskan di kolom komentar. Sekian dulu penjelasan kali ini. Semoga informasinya bermanfaat, terima kasih. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.